Cara mudah membuat Power Suply Unit (PSU)NON DIGITAL untuk periksa kerusakan handphone tanpa listrik(power bank)

Cara mudah membuat  Power Suply Unit  (PSU)NON DIGITAL untuk  periksa  kerusakan handphone tanpa listrik(powerbank)
Hallo pembaca setia .Selamat berjumpa kembali dengan penulis dalam artikel tentang Cara mudah membuat Power SuplyUnit (PSU) untuk  periksa   kerusakan handphone tanpa listrik.sebenarnya cara ini sudah tidak asing buat para teknisi tetapi untuk orang yang bukan teknisi kemungkinan besar agak susah.sebelum sampai pada cara mudah membuat power suply unit (PSU ) ada baiknya pembaca mengenal secara singkat apa yng dimaksud dengan power suply unit (PSU). PSU adalah alat yang berfungsi sebagai pemberi suatu tegangan arus listrik kepada komponen .dimana nantinya akan dapat mendeteksi kerusakan apa yang terjadi pada sebuah papan PCB (mainboard )mesin handphone yang terdiri dari berbagai komponen .mulai dari resistor,dioda,IC power,IC CPU,IC EMMC,IC RF/PA dan lain sebagainya.memang pada umumnya power suply(PSU) yang digunakan oleh para teknisi  selalu menggunakan daya listrik . tetapi ada banyak juga mengubah atau mengembangkan menjadi PSU dengan daya dari baterai (DC) atau powerbank untuk menggunakannya. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis akan membagikan cara mudah membuat power suply unit (PSU)untuk periksa kerusakan handphone tanpa listrik(power bank).ada pun bahan bahan yang perlu anda persiapkan adalah sebagai berikut :
1. Dua kabel yaitu warna merah/ dan hitam atau putih panjang 1/2 meter atau secukupnya.
2. Jepit buaya  untuk alat jepit ke baterai di mesin handphone  saat memeriksa kerusakan hp.
3. Power Bank yang memiliki 10.000 Mah 
4. Ampere meter  ada logo  A(manual versi jarum ) dapat anda beli di toko elektronik di kota anda atau membeli secara online.atau mencopot dari power suply unit (PSU )listrik  yang sudah rusak (versi manual ada jarum  bukan versi digital)
5. Alat solder listrik dan timah untuk memasangnya kabel nanti saat merakit power suply Unit (PSU) tanpa listrik.
Jika semua bahan sudah anda siapkan maka langkah selanjutnya adalah bongkar power bank anda keluarkan kabel merah yaitu kabel  Plus  ( + )dan kabel hitam negatif(-) lalu anda ambil ampere meter manual tersebut lalu sambung kabel hitam ke baut yang ada disebelah kiri ampere meter.umumnya ampere meter  manual versi jarum dibelakang ada 2 baut untuk mengunci kabel .sekarang anda ambil kabel hitam  dari power bank atau anda tambah dengan kabel hitam atau warna sesuka anda tapi nantinya akan menjadi arus negatif  negatif(-)ke baut yang ada dibelakang ampere meter sebelah kiri.jika sudah potong lebih kabel tersebut .lalu kabel potongan tersebut lilit di baut sebelah nya yang tadi menghubungkan ke kabel (-) dari powerbank..kabel hitam yang kedua ini,nantinya akan berfungsi untuk arus negatif (-)dengan jepit buaya .jika sudah maka sekarang anda ambil kabel merah dari power bank lalu sambung dengan kabel anda bisa menggunakan solder atau pun dengan membuat lilitan tetapi sebaiknya menggunakan solder agar kuat sehingga tidak beradu antara kabel (+) dan kabel (-) saat terkena benturan yang akan mengakibatkan panas dan menyebabkan kabel terbakar atau ampere meter rusak. saat dibawa pergi. Terakhir kupas ujung kabel merah lalu masukan jepit buaya . sehingga nantinya jika anda menggunakan kabel merah untuk jepit baterai  (+) dan kabel jepit  hitam untuk baterai  (-)akan mempermudah pemeriksaan mesin handphone tersebut. Selesai sudah sekarang anda bisa memeriksa handphone dimana saja dan kapan saja tanpa listrik.jika batre power bank yang sudah dirakit dengan power suply habis tinggal anda cas seperti biasa. Sekian dulu dari penulis tentang artikel Cara mudah membuat  Power Suply Unit  (PSU)NON DIGITAL untuk  periksa  kerusakan handphone tanpa listrik(power bank). Semoga bermanfaat dan semoga informasi yang berisi ilmu pengetahuan ini menjadi amal ibadah saya dunia dan akhirat. 



Postingan populer dari blog ini

laptop bekas core i5 murah toko bimahartono di aplikasi tokopedia

PPKM 2021 sangat memberatkan masyarakat kecil terutama pelaku umkm dan mitra ojol

aplikasi lucky market di google playstore tidak terbukti membayar alias scam