PerlengkapanTeknisi Hp


Pada kesempatan ini penulis mencoba berbagi tentang alat bantu yang diperlukan seorang teknisi handphone terutama bila sudah menyangkut kerusakan komponen IC atau main board hp biasanya disebut kerusakan hardware.

Sebelum membahas alat apa saja yang diperlukan seorang teknisi handphone terlebih dahulu penulis jelaskan bahwa semua handphone pasti akan rusak baik itu  kerusakan dikarenakan kelalaian pengguna atau kerusakan dari system handphone. sebenarnya kerusakan hp itu dibagi menjadi 2 yaitu :
1. kerusakan perangkat lunak (software)
2.kerusakan perangkat keras(hardware)

Nah untuk kerusakan hardware yang akan dibahas penulis yaitu : alat bantu yang wajib dimiliki teknisi tersebut diatas. sebagai tambahan informasi penulis akan menjelaskan singkat persyaratan utama yang harus dimiliki seorang teknisi Hp.

Untuk menjadi seorang teknisi handphone  diperlukan beberapa pengetahuan dan keahlian khusus seperti mengerti setiap komponen yang ada didalam sebuah  mesin hp.
contohnya : mana yang disebut ic power dan bagaimana bentuknya ,mana yang disebut ic signal ,mana yang disebut ic mmc,mana yang disebut ic cpu dan masih banyak lagi .

Kenapa penulis mengatakan demikian karena berdasarkan sumber yang didapat penulis melalui teman  yg membuka toko servis hp di mall .sebutlah nama teman penulis itu si B .untuk dapat memperbaiki hp yang mati karena kerusakan hardware istilah yang umumnya .

seorang teknisi itu harus punya keahlian yang benar-benar teruji sekalipun memiliki alat servis yang canggih tetap tidak akan berhasil bilamana teknisi tersebut tidak mempunyai keahlian dan ketrampilan khusus.

Untuk itu seorang teknisi harus mempunyai keahliann sebagai berikut:

1.seorang teknisi harus ahli/trampil menggunakan avo meter/tester  berfungsi untuk  membedakan tegangan normal atau konslet dari suatu resistor,dioda,kapasitor dll.

2.seorang teknisi harus ahli/trampil menggunakan solder uap untuk mengangkat dan mengganti /mencetak komponen IC yang rusak berfungsi jika menghadapi hp yang rusak atau mati memerlukan penggantian komponen IC.

3.seorang teknisi harus ahli/trampil dalam menggunakan alat seperti pinset,papan cetak IC karena didalam setiap pemasangan atau pencabutan komponen dari papan mesin hp harus dilakukan dengan cermat /teliti bila tidak maka akan mengakibatkan kerusakan pada komponen lainnya.

Nah sampai disini penulis berharap pembaca mendapat pengetahuan tentang syarat utama untuk menjadi teknisi hp dan alat yang diperlukan untuk melakukan servis hp.

Sedangkan untuk alat-alat yang diperlukan seorang teknisi handphone adalah sebagai berikut :

1. alat solder biasa dan solder uap(blower)
2. alat avo meter/multitester.
3. power suply
4. timah biasa dan timah cair
5. alat pinset/penjepit
6. tatakan solder dan tatakan mesin pcb.
7. papan cetak IC/papan BGA
8. amtech/sonka
9. thinner
10.sikat
11. kabel jumper
12.tang jepit/tang potong.

Sekian  penjelasan singkat dari penulis tentang alat-alat yang wajib di miliki seorang teknisi hp.
semoga bermanfaat bilamana mana pembaca berkenan silahkan tinggalkan komentar baik saran atau masukan yang berguna bagi  my blog bimahartono.



salam sukses





bimahartono







Komentar

Anonim mengatakan…
Hi there, I enjoy reading all of your post.
I wanted to write a little comment to support you.

Postingan populer dari blog ini

laptop bekas core i5 murah toko bimahartono di aplikasi tokopedia

PPKM 2021 sangat memberatkan masyarakat kecil terutama pelaku umkm dan mitra ojol

aplikasi lucky market di google playstore tidak terbukti membayar alias scam